Ingin Tahu Apakah Essential Oils Anda Asli/Palsu, Simak Triknya Disini!

heading_title

“Seharusnya ada kandungan Citral di dalam Essential Oil Lemon Myrtle, ini malah ada limonene”, jelas Martsiano sambil memaparkan hasil Kromatogram Lemon Myrtle yang dijual oleh Toko Aroma berinisial DJG.
Martsiano, Direktur Utama Mazanotech Engineering dan juga Pengurus di dalam Indonesian Aromatherapy Association (IAA) Menemukan fakta mengejutkan bahwa adanya klaim palsu essential oil pure 100% oleh salah satu penjual essential oil terlaris di wadah e-commerce besar Indonesia.
Namun patut disayangkan saat ini banyak sekali penjual Essential oil yang mendistribusikan essential oil yang tidak murni berasal dari ekstraksi tanaman, mencampurkannya dengan minyak wewangian sintetik (fragrance oil), ataupun melarutkannya dengan alcohol atau pelarut lain.
JAKARTA -- Essential oil atau minyak atsiri dari ekstrak daun, bunga, buah, batang, kayu, kulit, maupun akar dan rimpang tanaman memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Apakah anda perlu mengobati sakit kepala atau mengobati pencernaan, bahkan insomnia, itu adalah beberapa isu kesehatan yang dapat diobati dengan bantuan minyak atsiri.


Dikarenakan banyaknya kasus pemalsuan essential oil di pasar Indonesia dan bertumbuhnya artisan aromatherapy yang menjual produk turunan essential oil di Indonesia, Indonesian Aromatherapy Association (IAA) menyelenggarakan Konferensi Pers IAA di dalam rangkaian acara Mega Gathering IAA yang bertajuk “Bongkar!!! Seller Nakal Penjual EO Gadungan” Tanggal 30 Oktober 2021.
Indonesian Aromatherapy Association merupakan keluarga bagi seluruh pemangku kepentingan aromaterapi dan industri aromaterapi yang berbasis minyak atsiri (essential oils) baik sebagai organisasi maupun perorangan yang meliputi petani, penyuling, pedagang, dan artisan.

“Tujuan dari acara ini adalah memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat Indonesia bagaimana memilih essential oil yang otentik dan tidak ditipu oleh rayuan penjual essential oil gadungan” Ujar Aprin Yuswindar, Ketua acara Mega Gathering IAA 2021.

Konferensi Pers IAA akan berlangsung secara virtual dengan pembicara Pak Martsiano sendiri yang akan memberikan tips rahasia dalam memilih essential oils yang belum banyak diketahui atau dipraktekkan oleh aromatherapy artisan manapun di Indonesia. Konferensi Pers IAA sendiri akan diliput puluhan Media di Indonesia dan dimeriahkan selebgram tanah air @syfkndi, @gracejesslyn, @chelsea.carissa.yu